Suzuki Motor Indonesia dipercaya Dunia akan Proses Lahirnya simini GSX-R 150 dan GSX-S 150




SIM INDONESIA BASIS PRODUKSI SUZUKI GSX-R150 & GSX-R125

Kepercayaan prinsipal Suzuki memilih Indonesia sebagai negara basis produksi motor sport terbaru Suzuki GSX-R150 merupakan keputusan yang tepat. Melalui PT. Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) memiliki fasilitas manufaktur dan sumber daya yang lengkap serta modern guna menghasilkan Suzuki GSX-R150 yang berkualitas tinggi. Guna meningkatkan rasa percaya masyarakat, Suzuki di Indonesia memperlihatkan seluruh rangkaian proses produksi yang teruji dan presisi di PT. SIM Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat.

Sebelum Suzuki GSX-R150 maupun tipe motor Suzuki yang lain berada ditangan konsumen nantinya sebagai sepeda motor kebanggaannya, motor Suzuki berkualitas tinggi tersebut melalui beberapa tahapan produksi yang awalnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan material yang akan dibuat yaitu logam dan plastik. Hasil akhirnya akan disatukan dalam proses perakitan untuk menghasilkan bentuk sepeda motor secara utuh.




Material bahan dasar logam akan menjalani tahap Pressing, Welding dan Plating. Kemudian material bahan dasar plastik akan masuk ke tahap Injection dan Painting. Keseluruhan hasil dari proses tersebut akan digabungkan dalam proses Assembling guna merakit seluruh komponen hingga menjadi produk sepeda motor berkualitas tinggi. Satu unit Suzuki GSX-R150 sanggup diproduksi dalam durasi 90 detik, sedangkan untuk tipe All New Satria F150 dapat diproduksi dalam durasi 60 detik. 






Komponen berbahan dasar logam yang dihasilkan antara lain frame, fuel tank, swingarm, muffler dan rim wheel. Sedangkan komponen dari plastik akan menjadi body parts untuk tampilan luar.

Fasilitas produksi PT. SIM Plant Tambun 1 yang diresmikan pada Januari 1991 memiliki area lahan seluas 141.746 m2. Sebanyak hampir 1.000 orang memberikan karya terbaik sebagai anggota keluarga besar Suzuki di Indonesia di pabrik ini. Kapasitas produksi maksimum dapat mencapai 1,2 juta unit per tahun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas moda transportasi dan gaya hidup dengan sepeda motor. Saat ini, PT. SIM Plant Tambun 1 memproduksi motor tipe All New Satria F150 dan Address FI untuk pasar domestik dan ekspor, serta Satria F115 Young Star untuk pasar ekspor. Sedangkan GSX-R125 untuk pasar ekspor rencananya juga akan diproduksi di tempat ini.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »